Jumat, 09 November 2012

Pengertian Internet dan Intranet


Pengertian Internet dan Intranet

Jul 29, 2012
Di kelas VII dan VIII, kamu telah belajar menggunakan komputer untuk berbagai keperluan. Bisa jadi komputer yang kamu gunakan itu komputer yang berdiri sendiri. Artinya, komputer itu tidak terhubung dengan komputer yang lain. Padahal, sebuah komputer dapat disambungkan dengan komputer yang lain melalui kabel penghubung. Komputer-komputer yang saling terhubung ini disebut jaringan komputer. Dengan komputer yang terhubung ke jaringan, kamu dapat membaca dan menyimpan file data di komputer lain. Kamu juga dapat memindahkan file dari satu komputer ke komputer lain dengan cepat. Sebuah printer dapat dipakai oleh banyak orang jika tersambung ke jaringan komputer.
Pengertian Internet dan Intranet

Pengertian Internet

Lalu, apa hubungan internet dengan komputer dan jaringan? Sebenarnya, internet merupakan jaringan komputer pula. Bila jaringan komputer di sekolahmu hanya meliputi seluruh komputer yang ada di sekolah, maka internet merupakan jaringan komputerkomputer yang ada di seluruh dunia. Jaringan internet dibentuk oleh ribuan bahkan jutaan jaringan komputer yang saling terhubung membentuk satu jaringan raksasa yang meliputi seluruh penjuru bumi. Istilah internet berasal dari kata interconnected networking, yaitu jaringan yang saling terhubung. Dalam situs Wikipedia (en.wikipedia.org), internet diartikan sebagai sistem jaringan yang saling terhubung secara global dan menggunakan TCP/IP sebagai protokol pertukaran paket data. Tidak ada yang tahu persis berapa jumlah komputer yang terhubung ke internet. Yang pasti, jumlahnya jutaan atau bahkan milyaran, dan setiap waktu terus bertambah.
Pengertian Internet
Komputer yang terhubung ke internet dapat kamu gunakan untuk berkomunikasi dan saling tukar menukar data atau informasi dengan pengguna internet yang lain. Dalam perkembangannya, tidak hanya komputer yang dapat disambung ke internet. Telepon genggam, satelit komunikasi, kamera video, pemutar musik dan video, dan berbagai peralatan lain dapat disambungkan ke internet. Mula-mula sebagai sarana penghubung antarkomputer digunakan kabel tembaga. Saat ini media yang digunakan lebih beragam, seperti menggunakan kabel serat optik, lewat kabel listrik PLN, dan yang terus dikembangkan adalah koneksi tanpa kabel menggunakan gelombang elektromagnetik. Contohnya menggunakan koneksi wifi yang dipancarkan dari hotspot (terminal untuk mengakses internet tanpa kabel).
Secara fisik, internet hanyalah jaringan komputer. Apa maksudnya? Kalau komputerkomputer hanya terhubung begitu saja, tentu tidak banyak memberi manfaat. Kenyataannya, pada ahli telah membuat berbagai aplikasi yang dapat dijalankan melalui internet. Melalui aplikasi ini, internet dapat digunakan untuk berbagai keperluan. Contohnya adalah mengakses informasi dari halaman web, membaca berita-berita terbaru, mengirimkan surat elektronik (e-mail), chatting, berbagi kartu ucapan, berbagi file musik dan rekaman video, berbelanja online (dilakukan melalui koneksi internet), menikmati siaran televisi dan radio online, main game online, konferensi jarak jauh, dan masih banyak yang lain. Hebat ya!
Jaringan internet tidak dibatasi oleh negara. Artinya pengguna dari negara mana saja berhak untuk saling bertukar informasi dan memberdayakan informasi yang ada di internet. Internet tidak ada yang memiliki sehingga tidak ada kontrol atau kendali secara terpusat. Namun demikian ada badan/lembaga yang mengatur berbagai standar dan pendataan untuk melaksanakan koneksi internet.

Pengertian Intranet

Ada internet, ada pula intranet dan ekstranet. Apa itu intranet dan ekstranet? Intranet juga merupakan jaringan komputer. Bedanya, bila internet merupakan jaringan komputer dengan skala global, maka intranet merupakan jaringan komputer dengan cakupan wilayah yang terbatas. Menurut situs Wikipedia (en.wikipedia.org), intranet adalah sebuah jaringan komputer dalam jangkauan terbatas (privat), yang menggunakan protokol-protokol internet (TCP/IP) untuk membagi informasi internal suatu sistem organisasi kepada anggotanya. Singkatnya, intranet menggunakan sarana komunikasi dan aplikasi seperti internet, namun dalam cakupan yang terbatas.
Pengertian Intranet
Intranet sering diterapkan di kantor, perusahaan, dan lembaga-lembaga. Dengan intranet, perusahaan dapat berbagi informasi untuk karyawannya tanpa perlu khawatir informasi itu bocor. Informasi ini tidak dapat diakses oleh pengguna internet karena tidak tersedia sarana akses ke intranet perusahaan tersebut.
Bagaimana bila perusahaan itu ingin agar karyawannya yang sedang berada di luar negeri, termasuk sales, distributor, dan agen-agen dapat terus mengikuti perkembangan informasi perusahaan? Kadang-kadang jaringan intranet disambungkan ke jaringan internet dengan maksud untuk memberikan informasi perusahaan ke pengguna tertentu yang ada di luar area intranet. Jaringan ini disebut ekstranet. Ekstranet dilengkapi dengan perlindungan yang ketat sehingga hanya pengguna tertentu yang mempunyai hak yang bisa mengakses informasi di dalamnya. Jadi, meskipun ada sambungan fisik antara jaringan internet dan jaringan ekstranet, pengguna internet tidak dapat mengakses informasi dalam ekstranet. Sebaliknya, karyawan yang sedang di luar negeri tetap dapat mengakses informasi internal perusahaan melalui ekstranet.
Intranet dan ekstranet menggunakan sarana komunikasi, aplikasi, peralatan, dan standar yang sama dengan internet. Oleh karena itu, pembahasan selanjutnya dalam buku ini akan dititikberatkan pada internet.







Tidak ada komentar:

Posting Komentar